PTI Bab 3 Riset Pasar

   Penelitian pasar adalah suatu proses yang digunakan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterprestasikan, informasi tentang pasar dan konsumen. Tujuannya adalah untuk memahami preferensi konsumen, perilaku pembelian, tren pasar dan faktor faktor lain yang dapat memengaruhi keputusan bisnis.

   Teknik industri biasanya berfokus pada sistem produksi dan sistem pelayanan, namun terkadang melupakan sistem operasi sistem industri. Manufaktur menentukan dalam proses (delivery) produk/jasa ke konsumen, riset pasar membantu dalam proses menentukan keputusan terhadap sistem operasi sistem industri. 

Tujuan Riset Pasar

tujuan untuk memahami perilaku konsumen dan mengetahui apa yang disukai oleh konsumen. Hal ini membuat lebih mudah dalam menentukan strategi marketing produk yang efektif. 

Jenis Riset Pasar 

- Riset pasar primer : pengumpulan data langsung dari sumber asli, survei, wawancara dll

- Riset pasar sekunder : menggunakan data yang sudah ada, laporan industri, studi sebelumnya / data publik.

Merode Riset Pasar

• Survei

• Fokus kelompok

• Pengamatan

• Analisis data sekunder

• Eksperimen

Langkah langkah Riset Pasar 

• Menentukan tujuan dan pertanyaan penelitian

• Mengembangkan rencana penelitian 

• Mengumpulkan data

• Menganalisis data

• Menarik kesimpulan dan membuat rekomendasi

Manfaat Riset Pasar 

Mengurangi resiko bisnis, meningkatkan pemahaman pasar, membantu dalam pengambilan keputusan strategis, meningkatkan efektivitas pemasaran, memungkinkan penyesuaian priduk/ layanan

Tantangan Dalam Riset Pasar 

Biaya dan waktu yang dibutuhkan, kesalahan dalam pengumpulan/ analisis data, perubahan cepat dalam perilaku konsumen dan pasar, persaingan yang ketat dalam industri riset pasar.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan Limit Dalam Bidang Industri (Ets Kalkulus)

Laporan Kunjungan Industri Tahu Dan Tempe

RESENSI JURNAL